• Card 1 of 30
News Pemilu

Ribuan Personel TNI Polri Amankan Hotel Bidakara

Lukman Diah Sari    •    17 Januari 2019 14:24

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo. Foto: Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen. Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo. Foto: Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen.

Jakarta: Ribuan personel TNI Polri dikerahkan untuk mengamankan lokasi debat kandidat pasangan calon presiden di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. Lokasi debat diberi pengamanan berlapis.
 
Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah pola pengamaman dengan melibatkan 1.560 personel gabungan TNI Polri.
 
Dedi menyebut pengamanan dibagi menjadi empat ring. Ring 1 domain pasukan pengaman presiden (Paspampres) dengan sandi pengamanan Waskita karena di situ ada presiden.
 
Ring 2 ada di Gedung Bidakara yang merupakan lokasi debat. Ring 2 menjadi tanggung jawab Polri, TNI, dan Paspampres.  "Ring 3 menjadi tanggung jawab Polri, itu halaman parkir, dan ring 4 itu jalur (lalu lintas)," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta, Kamis, 17 Januari 2019.
 
Tak hanya dalam dan pelataran gedung Bidakara, lalu lintas di sekitar lokasi juga mendapat pengamanan ekstra selama debat berlangsung. "Semua skenario termasuk arus lalu lintas sudah disiapkan. Penyekatan dua kubu juga dilakukan dengan baik," ujarnya.

Baca: Jokowi akan Jaga Kehormatan Prabowo saat Debat

Tak hanya itu, pihaknya telah menyiapkan jalur penyelamatan (escape) VVIP. Jalurnya melalui udara dan darat, termasuk akses dan kesiapan rumah sakit terdekat.
 
Terkait parkir kendaraan, Dedi menyebut sudah ada kantong parkir. "Batasnya kan cuma 100 undangan untuk masing-masing paslon,"  ujarnya.
 
Sementara untuk para pendukung yang melakukan nonton bareng (nobar) debat, kata Dedi, pengamanan dilakukan oleh polres dan polsek sekitar nobar.

<iframe class="embedv" width="560" height="315" src="https://www.medcom.id/embed/ZkezZqOK" frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>