• Card 1 of 30
News Pemilu

Imparsial Tak Temukan Agenda HAM Prabowo

Ilham Pratama Putra    •    16 Januari 2019 15:09

Direktur Imparsial Al Araf - Medcom.id/Ilham Pratama Putra.  Direktur Imparsial Al Araf - Medcom.id/Ilham Pratama Putra.

Jakarta: Direktur Imparsial Al Araf mengaku tidak menemukan visi misi pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno terkait hak asasi manusia (HAM). Padahal, HAM merupakan hal penting.  

"Terus terang saya tidak memahami visi misi Prabowo. Saya tidak melihat agenda HAM sama sekali, tidak tertulis tuh programnya," kata Al Araf di KoDe Inisiatif, Jakarta Selatan, Rabu, 16 Januari 2019

Dia mengaku miris dengan visi misi paslon nomor urut 02 itu. Menurut dia, negara hukum harus berbasis konstitualisme yang menghormati HAM.

(Baca juga: Prabowo Diminta Ungkap Fakta Kasus Penculikan Aktivis 98)

"Buat saya itu miris. Konstitualisme menunjukkan fundamental dalam negara hukum. Kandidat kalau tidak menampilkan itu, tentu jadi pertanyaan seperti apa menghadapi kasus HAM ke depan," ketus Al Araf. 

Dia mengambil contoh betapa HAM menjadi roh reformasi. Pada 1998, ada pembatasan HAM di Indonesia sehingga muncul reformasi. 

"Perubahan politik (Reformasi) 1998 kan rohnya HAM. Kenapa perlawanan 1998 terjadi karena adanya pembatasan HAM. Jadi, HAM itu rohnya reformasi. Aneh kalau kemudian, agenda HAM tidak ada dalam kemajuan ke depan," pungkas dia. 

(Baca juga: KontraS: Isu HAM tak Cukup Dibahas Normatif)