• Card 1 of 30
News Pemilu

Narasi Pemilu Curang Amien Rais Tak Sehat

Arga sumantri    •    16 Januari 2019 15:12

Politikus PAN Amien Rais. Foto: Medcom.id/Lis Pratiwi Politikus PAN Amien Rais. Foto: Medcom.id/Lis Pratiwi

Jakarta: Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin menyesalkan pernyataan anggota Dewan Pembina Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiga Uno, Amien Rais. Amien dianggap hendak menggiring opini ada kecurangan dalam pemilu.

"Narasi pemilu curang tidak sehat dalam demokrasi," kata Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 16 Januari 2019.

Menurut Hasto, Amien semakin tidak menunjukkan kualifikasi kepemimpinan yang baik. Terlebih, Amien juga sesumbar ingin menggeruduk Komisi Pemilihan Umum (KPU) jika dinilai curang. "Seharusnya makin dewasa seseorang, makin luaslah kebijaksanaannya," ujarnya.

Hasto mengatakan narasi kecurangan penyelenggaraan pemilu yang dibangun Amien Rais tak lebih dari sekadar ilusi. Amien dinilai gerah melihat elektabilitas pasangan petahana yang terus meroket. 

"Biarlah masyarakat yang melihat, karena kami yakin kita bangsa yang berkebudayaan timur dan beradab, tidak berkata kasar hanya untuk menutupi kekurangan diri," bebernya.

Baca: Amien Rais Siap Lindas KPU Jika Curang

Sebelumnya, Amien Rais meminta agar KPU bekerja sesuai undang-undang. Ia memastikan tidak akan tinggal diam bila KPU terbukti tak netral.

"Saya tidak main-main mengatakan awas kalau KPU curang dan kita punya bukti, Saya kira, kita lindas," kata Amien, Selasa, 15 Januari 2019. 

Amien juga menyebut saat ini sudah terlihat potensi kecurangan dalam pemilu. Salah satunya, ditemukan sejumlah daftar pemilih palsu.

"Kita lebih pandai dari pemerintah, bayangkan 31 juta daftar (pemilih) bodong kan banyak sekali, KTP berbasis elektronik dibuang di sawah, kan kurang ajar," ucap petinggi Partai Amanat Nasional (PAN) itu.