• Card 1 of 30
News Pemilu

Surat Suara Mulai Dicetak Hari Ini

Kautsar Widya Prabowo    •    16 Januari 2019 16:39

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pramono Ubaid Tanthowi. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.. Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pramono Ubaid Tanthowi. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana..

Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai mencetak surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 hari ini. Namun, surat suara belum dicetak secara masif.
 
Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi menjelaskan, surat suara dicetak di enam perusahan percetakan yang memenangkan lelang. Mereka tersebar di Jakarta, Bekasi, Jawa Timur dan Makasar.
 
"Rencana tanggal 16, hari ini. Jadi betul - betul baru, belum secara masif dicetak," kata Pramono di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Rabu, 16 Januari 2019.
 
Surat suara yang sudah dicetak akan diteliti oleh KPU. Surat harus memenuhi standar sesuai desain awal yang sudah diberikan ke masing-masing percetakan.
 
"Semua kita periksa ulang, jangan sampai ada yang salah, sudah mulai prosesnya tetapi masih tahap itu," ujarnya.
 
Salah satu yang perlu diperiksa adalah gradasi warna. "Gradasi warna berubah tidak, garis pembatas keliatan atau tidak, itu yang kita pastikan," ujarnya.

Baca: KPU Sebut Masalah DPT Selesai

Lembaga independen tersebut memperkirakan waktu untuk produksi dan distribusi logistik kurang lebih 60-70 hari.
 
"Jadi kita perkirakan Maret itu seluruh surat suara yang kita produksi sudah ditingkat kabupaten dan kota," katanya.
 
Enam perusahaan pemenang tender adalah PT Gramedia (Jakarta), PT Balai Pustaka (Jakarta), PT Temprina Media Grafika (Jawa Timur), PT Puri Panca Pujibangun (Jawa Timur), PT Adi Perkasa Makassar (Sulawesi Selatan).

<iframe class="embedv" width="560" height="315" src="http://www.metrotvnews.com/embed/VNnDPROk" allowfullscreen></iframe>